Apapun Bisa Dibuat Dengan Printer Ini !!!

September 16, 2016
Teknologi- Terbaru dan tercanggih, kini kami kaan mengenalkan apa itu yang dinamakan Print 3D. Apakah kalaian udah tahu dengan print 3D? banyak diantara kita belum mengenal print yang mempunyai kecanggihan tinggi ini yang dapat membentuk benda apa yang ingin kita inginkan.Show mari kita telileti tekono ini.

PENGERTIAN
Print 3D atau yang dikenal dengan Additive layer manufacturing adalah proses membuat objek padat dimensi atau bentuk apapun dari model digital.Cara kerjanya hampir sama dengan printer laser dengan tekhnik membuat objek dari sejumlah layer atau lapisan yang masing-masing dicetak diatas setiap lapisan lainnya.

SEJARAH
Teknologi canggihini memang sudah berkembang sejak sekitar 1980 namun belum dikenal sampai tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini  dikenalkan secara umum. Printer 3D pertama dibuat oleh Chuk Hull dari 3D System Corp pada tahun 1984. dan semakin lama dan semakin lama printer ini semakin berkembang pesat dan diperkenalkan mulai tahun 2010, dalam hal ini pinter canggih ini banyak digunakan dalam dunia industri, antara lain seperti arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fashion, sampai biotech.

BAGAIMANA CARA KERJANYA?
Mungkin anda akan bertanya-tanya apa bisa print ini membuat objek yang mirip sekali dengan apa yang kita inginkan?!. Ini dia cara kerjanya untuk menciptakan benda yang mirip sekali. Secara umum print ini bekerja dengan 3 proses yaitu model objek 3D, printing dan finishing.
MODEL OBJEK 3D:
model apa yang ingin kita buat dapat diolah dengan bantuan design komputer aatau scanner 3D, proses ini menganalisa dan mengumpulkan data dari objek yang kamu buat kemudian bentuk dan penampilannya di buat digital 3 dimensi. 
PRINTING:
Proses ini menggunakan prinsip dasar Additive layer dengan rangkaiaan proses mesin membaca rancangan tiga dimensi dan mulai menyusun lapisan secara berturut untuk membangun model dalam serangkaian proses lengkap.Lapisan ini terus dihubungkan ke virtual 3D model digabungkan secara otomatis untuk membentk susunan yang bagus dan utuh.
FINISHING:
Tahap  ini dimaksudkan untuk menyelesaikan bentuk dengan rapi dan bagus dengan cara manual karena dari hasil printing yang belum sempurna.

Keunggulan dari Print 3D ini tiada lain dapat membuat benda apa saja tanpa batas hebat banget kan. semoga info ini bermanfaat. Thanks guys.  


 Baca juga: Secangkir Ilmu
Previous
Next Post »