Awas!!! Bahaya Gula

September 16, 2016
Kesehatan- Pada era modern ini semakin mudah saja kita mendapatkan segala informasi-informasi dari media cetak, media sosial, terutama internet, dan pastinya selalu update. Meski begitu kita harus cermat dalam memilah-milah mana informasi yang akurat, tepat, dan terpercaya. Meski begitu kadang kita tahu akan informasi itu namun kita kadang dengan mudahnya mengabaikannya tanpa berfikir betapa besar akan manfaat dari informasi itu sendiri. kita akan menyesal setelah suatu yang buruk menimpa kita karena mengabaikan sesuatu yang penting tersebut.oke..... kita akan masuk pada pembahasan. Kali ini kita akan Membahas tentang Gula.

Gula adalah salah satu unsur yang termasuk dalam karbohidrat sederhana yang memberikan asupan energi pada tubuh kita dan sangat penting dan berpengaruh dalam kehidupan manusia. Dengan rasanya yang manis tak heran jika banyak yang suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Konon kecanduan gula akan menjadi salah satu berita yang viral. gula akan menjadi salah satu pendatang dalam kategori zat aditif yaitu salah satu zat yang menyebabkan kecanduan. Serta manusia menjadikan gula sebagai suatu yang tidak bisa terlepas darinya. Bahkan bisa dibilang sangat sulit mengontrol diri dari gula tanpa mereka menyadari bahwa ternyata terdapat suatu yang tersembunyi lepas dari segala hal yang bersifat positif dari gula itu sendiri. Hal tersebut adalah dampak negatif jika kita mengkonsumsi gula secara berlebihan serta melampaui batas takaran konsumsi gula dari yang di rekomendasikan oleh para Ahli.

 Penyakit-penyakit yang timbulkan oleh gula

1.Menyebabkan Rongga pada Gigi
2.Selalu Merasa Kelaparan
3.Kemungkinan Obesitas Besar
4.Diabetes
5.Resistensi Insulin
6.Kanker Pankreas
7.Kegagalan Sistem Hati
8. Gula Pasir bisa Menjadi Candu dan Diturunkan ke Anak, Cucu, Cicit, dan Seterusnya
9.Gula Pasir Merusak Otot Jantung dan Menyebabkan Gagal Jantung.

 Serta masih banyak yang lain penyebab berlebihan dalam mengkonsumsi gula. Setelah kita tahu segala aspek buruknya paling tidak kita bisa mengantisipasi agar tidak termasuk dalam korban pecandu gula.

Ciri-ciri Pecandu Gula

1.Selalu merasa lelah serta mereka beranggapan bahwa gula yang dapat meningkatkan kembali energinya.
2. Gampang marah bila jarak waktu makan mereka terlalu lama.
3.Selalu kesulitan dalam menahan semua makanan yang bersifat manis.
4.Sering merasa cemas , kelelahan, serta ingin mengkonsumsi gula adalah tanda bahwa orang tersebut kecanduan gula.

Kita pastinya tidak mau menjadi salah satu dari sekian banyak pecandu gula seperti kriteria yang kita bahas diatas. Maka dari itu kita harus memulainya dengan menerapkan pola hidup sehat dan teratur serta kita mempunyai sedikit tips untuk menghindari kecanduan gula.

Cara agar terhindar dari kecanduan gula

1. Harus selalu mengusahakan makan makanan dari olahan sendiri, karena dengan begitu kita pasti tahu akan takaran yang kita butuhkan terutama pada gula.
2.Menambah konsumsi makanan yang kaya akan Protein.
3.Menambah konsumsi buah-buahan, paling tidak 2-3 dalam sehari.
4. Jika ingin mengurangi kecanduan gula jangan menguranginya secara drastis apalagi hilang sama sekali, Namun harus dengan cara bertahap sedikit-sedikit menguranginya agar tubuh dapat beradaptasi.
5.Olahraga adalah salah satu kunci dalam masalah ini, pasalnya dengan olahraga tubuh kita dapat mengeluarkan keringat dan membakar lemak-lemak jahat serta kita tidak terfokus pada makanan, terutama gula.
6.Minum air putih, karena dengan meminum air putih akan dapat mengurangi rasa lapar.

Semoga bermanfaat.


 Baca juga: Secangkir Ilmu
Previous
Next Post »