Waspada!!! Bahaya Zika

September 13, 2016
   

Ternyata zika sangat berberbahaya!!!!!

Kesehatan-Dewasa ini masyarakat digegerkan dengan ditemukannya penyakit baru yang ditularkan melalui virus dengan perantara nyamuk Aedes, utamannya pada Aedes Aegepti. Penyakit ini dibidang medis biasa disebut dengan nama penyakit Zika.

Asal usul dari Zika pertama kali ditemukan di hutan Zika, Uganda, pada tahun 1947, namun hal ini ditemukan bukan pada manusia melainkan salah satu spesies monyet resus. Selain itu virus Zika juga ditemukan kembali pada nyamuk spesies Aedes Africanus di tempat yang sama pada tahun setelahnya yaitu 1948. Selanjutnya pada tahun 1954 di Negeria kali ini pada manusia. Virus ini adalah termasuk dalam garis flavivirus yang sama dengan keluarga yang sama dengan virus penyebab demam berdarah atau bisa disebut juga dengan kata lain dengue.

Virus Zika ini mulai menyebar luas ke luar Afrika dan Asia pada tahun 2007 di wilayah Pasifik selatan serta menjadi penyakit endemis.Selanjutnya pada pertengahan tahun 2015 virus ini mulai menyebar ke daerah Brazil.Tak hanya itu namun virus ini terus meluas ke Negara-negara lain, Pasalnya pada tahun 2016 ini Zika mulai mulai menyebar di Amerika utara, Karibia, Samoa, dan Afrika. Tak hanya itu Zika juga telah menyebar ke Indonesia tepatnya ialah di daerah Jambi Pada tahun 2015.

Penyebaran Zika  
Telah sedikit kita singgung di atas penyebab atau cara penyebaran virus Zika. Penyebaran virus Zika adalah oleh nyamuk Aedes yang terinfeksi dikarenakan telah menggigit penderita penyakit ini lalu menyebar melalui gigitannya kepada mereka yang rentan kekebalan tubuhnya.Tak jarang juga penularan penyakit ini transmisi ibu kepada bayinya, hal ini terjadi ketika janin masih dikandung seorang ibu yang menderita penyakit ini. Selain itu penyakit ini juga bisa menular melalui transfusi darah maupun hubungan seksual. Nyamuk ini juga sangat aktif pada siang hari dan berkembangbiak luar maupun dalam ruangan yang dekat dengan manusia, mereka lebih suka pada tempat-tempat yang disana terdapat genangan air.

Gejala Virus Zika
Gejala zika biasanya penderita akan merasakan sakit kepala, Nyeri di belakang mata, dan lelah. Namun tanda-tanda ini bersifat ringan dan berlangsung sekitar satu minggu. Berhubungan dengan masa inkubasi virus zika masih belum diketahui tapi diperkirakan sekitar 2 hingga 7 hari setelah penderita terjangkit virus ini.

Pengobatan serta Pencegahan Virus Zika
Penanganan pada penyakit ini di fokuskan pada pengurangan gejala yang di rasakan oleh penderita karena penyakit ini belum ditemukan solusinya. Hal-hal yang bisa dilakukan ialah pemberian pereda rasa sakit kepala, pemberian aspirin, istirahat cukup, serta pemberian cairan untuk mencegah dehidrasi. Langkah berikutnya adalah pencegahan yang paling mudah dilakukan agar terhindar dari penyakit ini adalah menghindari dari gigitan nyamuk tersebut. Langkah selanjutnya adalah dengan cara 
-gunakan pakaian yang panjang agar bagian tubuh tertutup.
-pastikan bahwa tempat tinggal anda memiliki pendingin ruangan setidaknya memiliki ventilasi udara, tirai, maupun jendela.
-gunakan suatu bahan pengusir serangga yang telah terdaftar dalam badan perlindungan lingkungan.
-Serta selalu antisipasi ketika melakukan kunjungan di daerah terjangkit penyakit tersebut.
-dan yang terakhir adalah selalu membudayakan tata cara dan hidup sehat serta selalu kritis ketika akan mengambil tindkan yang berhubungan dengan kesehatan.



 Baca juga: Secangkir Ilmu
Previous
Next Post »