5 Tempat Aneh ini 'Melawan' Hukum Alam, Salah Satunya Indonesia!!

September 18, 2016



Unik- Di dunia ini banyak terdapat tempat yang menakjubkan. Bahkan tempat-tempat tersebut tidak tercatat dalam Tujuh keajaiban dunia, juga tidak diketahui oleh banyak orang. Akan tetapi banyak sekali tempat unik yang sulit dijelaskan secara ilmiah.

Tempat-tempat ini adalah tempat yang seakan-akan terpisah dari dunia kita yaitu Bumi, karena terlihat melawan hukum alam. Namun di luar itu semua, sebenarnya beberapa tempat 'unik' ini mempunyai pesona yang indah. Hanya saja para ilmuwan berfikir keras untuk mendapatkan penjelasan ilmiah di balik keanehannya.

Berikut ini adalah 5 tempat aneh dan unik di dunia yang menyimpang dari hukum alam. Salah satunya ada di Indonesia juga. Mari simak penjelasannya berikut ini.

1.Sungai mendidih di Peru

Jauh di aliran sungai Amazon di Peru, terdapat sungai aneh dengan suhu air yang sangat panas. Sungai itu bernama Shanay-Timpishka. Sungai ini juga sering memakan korban berupa hewan yang terrebus hidup-hidup saat tidak sengaja melewati aliran sungai ini.

Sungai tersebut bertemperatur 91 derajat Celcius, hanya kurang beberapa derajat saja untuk suhu air yang benar-benar mendidih. Para ilmuwan ternyata pernah meneliti keunikan ini dan hanya tanda tanya besar yang mereka peroleh.

Jika air sungai terasa panas, biasanya disebabkan belerang yang berada di dekat gunung berapi, namun sungai ini tidak. Gunung berapi paling dekat dari Shanay-Timpishka berjarak 700 kilometer jauhnya.

Sementara teori paling masuk akal yang dapat disimpulkan oleh para ilmuwan adalah panas Bumi yang tersalur dari kerak Bumi menjadi sumber panas dari sungai ini. Sistem geotermal inilah yang tidak dapat ditemukan di sungai atau tempat lain di Bumi.

2.Sumur di Inggris yang airnya bisa mengubah sesuatu menjadi batu

Di Knaresborough, North Yorkshire, Inggris, terdapat sumur yang mempunya 'kemampuan' seperti di film horror. Di dekat sumur bernama 'Petrifying Well' yang berada dekat gua Mother Shipton ini, terdapat rembesan air yang mengucur dan membuat apapun yang terkena air tersebut berubah menjadi batu.

Sebetulnya proses ini tak seketika terjadi layaknya cerita tentang kutukan Malin Kundang, akan tetapi dalam jangka 3 bulan saja sebuah boneka yang diletakkan di bawah kucuran air sumur tersebut akan jadi batu. Masyarakat banyak meletakkan sesuatu di sana, mulai dari boneka Teddy Bear hingga sepeda. Dan benar, semuanya bertransformasi jadi batu.

Masyarakat awam di sana percaya bahwa sumur tersebut dikutuk oleh penyihir. Tetapi para ilmuwan memprediksi bahwa sumur itu memiliki kandungan mineral yang tinggi. kandungan tersebut akan menciptakan lapisan keras dari mineral kepada apapun yang disentuhnya. Hal ini persis dengan cara terbentuknya stalaktit dan stalakmit di gua, namun dengan periode yang sangat jauh lebih cepat.

3.Taman di Austria yang selalu tenggelam tiap musim semi

Di Austria, terdapat sebuah taman yang amat indah dengan jalur hiking dan tempat duduk untuk menikmati pemandangan pinggir danau di sana.Tetapi jika Anda datang di musim semi, Anda akan butuh alat menyelam jika ingin menikmati pemandangan.

Ya, sebuah taman di sebelah danau yang bernama Grner See ini, adalah sebuah tempat yang dikelilingi oleh gunung Hochschwab dan hutan. Hutan yang mengelilingi danau ini akan tertutup salju yang sangat tebal saat musim salju, dan akan meleleh tiap datang musim semi. Karena banyaknya salju yang menutup hutan, volume air di danau ini akan bertambah dua kali lipat.

Oleh karena itu jika Anda berenang di danau ini saat musim semi, Anda akan dapat melihat tempat duduk taman, jembatan, bahkan pepohonan dan bunga-bunga pegunungan Alpen. Di musim panas, taman ini akan kembali muncul sembari air danau mulai surut.

4.Sungai di Venezuela yang selalu disambar ribuan petir

Di Venezuela terdapat sebuah sungai yang dinamakan Sungai Catatumbo, dungai ini tidak pernah berhenti disambar petir. Mulai pukul 7 malam pada setiap malamnya, petir akan menyambar air selama 10 jam. Hal ini terjadi hampir setiap hari, hingga mencapai 260 malam dalam setahun yang dipenuhi petir.

Awalnya, tak ada yang tahu penyebab hal ini bisa terjadi. Hingga para ilmuwan memprediksi bahwa hal ini ada hubungannya dengan uranium yang terkandung dalam batu-batuan di sungai tersebut. Namun tidak banyak juga ilmuwan yang menyetujui prediksi tersebut, bahkan banyak juga yang  tidak menyetujuinya. Alhasil, fenomena ini semakin rumit jika dicari penyebabnya.

Hal ini semakin menjadi misterius, karena di 2010 petir-petir ini berhanti menyambar. tetapi setelah 6 minggu berhenti, petir-petir tersebut menyambar lagi hingga saat ini.

5.Lava biru di Kawah Ijen, Jawa Timur, Indonesia

Di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur, terdapat Kawah Ijen yang sangat indah. Tetapi keindahan itu juga mengundang tanda tanya besar karena terdapat pendar lahar berwarna biru yang menyembur dari kawah. Fenomena ini menjadi perhatian banyak ilmuwan barat untuk datang ke Indonesia.

Para ilmuwan sebenarnya sudah mengetahui kalau sebenarnya itu bukanlah lahar, namun itu adalah sulfur. Gas sulfur yang ada di dalam lahar mencapai suhu 360 derajat Celcius hingga menyemburkan api 5 meter ke udara. Gas itu mengembun menjadi sulfur cair yang akhirnya meleleh, dan di malam hari terlihat seperti lava neon berwarna biru yang sangat indah.

Kandungan sulfur yang tinggi, sama sekali tidak memjadikan penambang sulfat di sana jera. Mereka tetap berangkat bekerja di malam hari dengan pendaran cahaya neon biru dari sulfur cair tersebut. Namun banyak ilmuwan menyatakan bahwa sangat berbahaya jika berada di sana jika tidak menggunakan masker.

Baca juga: Secangkir Ilmu
Previous
Next Post »